Minggu, 05 Mei 2013

makalah persalinan

BAB I
PENDAHULUAN
1.1   Latar Belakang
Persalinan adalah tugas dari seorang ibu yang harus dihadapi dengan tabah, walaupun tidak jarang mereka merasa cemas dalam menghadapi masalah tersebut. Oleh karena itu, mereka memerlukan penolong yang dapat dipercaya, yang data memberikan bimbingan dan semangat selalu siap di depan dalam mengatasi kesukaran.
Persalinan adalah terjadi pada kehamilan aterm (bukan prematur atau post matur) mempunyai onset yang spontan (tidak diinduksi) selesai setelah 4 jam dan sebelum 24 jam sejak saat awitannya (bukan partus presipitatus atau partus lama) mempunyai janin (tunggal) dengan presentasi verteks (puncak kepala) dan oksiput pada bagian anterior pelvis terlaksana tanpa bantuan artificial (seperti forseps) tidak mencakup komplikasi (seperti pendarahan hebat) mencakup pelahiran plasenta yang normal. Dalam makalah ini akan dijelaskan mengenai proses kelahiran
1.2   Rumusan Masalah
  1. Bagaimana proses kelahiran bayi ?
  2. apa saja yang di lalui saat proses melahirkan?
1.3    Tujuan
  1. mengidentifikasi persalinan normal
  2. Mengetahui proses melahirkan/persalinan
  3. mengetahui tahap-tahap proses kelahiran normal.
1.4   Manfaat
  1. Untuk memberitahukan proses persalinan
  2. Sebagai pengetahuan
1
BAB II
PEMBAHASAN

2.1       Pengertian
Persalinan normal adalah persalinan yang terjadi pada kehamilan aterm (bukan premature atau postmatur), mempunyai onset yang spontan (tidak diinduksi), selesai setelah 4 jam dan sebelum 24 jam sejak saat awitannya, mempunyai janin tunggal dengan presentase puncak kepala, terlaksana tanpa bantuan artificial, tidak mencakup komplikasi, plasenta lahir normal. Menurut Mochtar (1998), Persalinan adalah suatu proses pengeluaran hasil konsepsi(janin + uri), yang dapat hidup ke dunia luar, dari rahim melalui jalan lahir atau dengan jalanlain. Persalinan normal disebut juga partus spontan, adalah proses lahirnya bayi pada letak  belakang kepala dengan tenaga ibu sendiri, tanpa bantuan alat-alat serta tidak melukai ibu dan bayi yang umumnya berlangsung kurang dari 24 jam.Persalinan dimulai (inpartu) pada Saat uterus berkontraksi dan menyebabkan perubahan pada serviks (membuka dan menipis) dan berakhir dengan lahirnya plasenta
Pengertian persalinan
Persalinan adalah suatu proses saat janin dan produk konsepsi dikeluarkan sebagai akibat kontraksi teratur, progresif, sering dan kuat (Barbara, 2009).
Persalinan adalah klimaks dari kehamilan dimana berbagai sistem yang nampaknya tidak saling berhubungan bekerja dalam keharmonisan untuk melahirkan bayi. (Manuaba, 2008).
Persalinan dan kelahiran adalah proses pengeluaran janin yang terjadi pada kehamilan cukup bulan (37-42 minggu), lahir spontan dengan presentasi belakang kepala yang berlangsung selama 18 jam, tanpa komplikasi baik ibu maupun janin. (Saifudin, 2001).
Persalinan normal WHO adalah persalinan yang dimulai secara spontan beresiko rendah pada awal persalinan dan tetap demikian selama proses persalinan, bayi
2
dilahirkan spontan dengan presentasi belakang kepada pada usia kehamilan antara 37 hingga 42 minggu lengkap. Setelah persalinan ibu dan bayi dalam keadaan baik.
Berdasarkan pengertian diatas maka dapat disimpulkan bahwa persalinan adalah proses pengeluaran janin yang terjadi pada kehamilan cukup bulan (37-42 minggu), lahir spontan dengan presentasi belakang kepala yang berlangsung selama 18 jam produk konsepsi dikeluarkan sebagai akibat kontraksi teratur, progresif, sering dan kuat yang nampaknya tidak saling berhubungan bekerja dalam keharmonisan untuk melahirkan bayi.
2.2            Bentuk-Bentuk Persalinan
a)      Persalinan spontan
Proses lahirnya bayi dengan tenaga ibu sendiri tanpa bantuan alat-alat serta tidak melukai ibu dan bayi yang umumnya berlangsung kurang dari 24 jam.
b)      Persalinan Bantuan
Proses persalinan yang di bantu dengan tenaga dari luar misalnya ekstraksi dengan forsep atau dilakukan operasi seksio caesaria.
c)      Persalinan Anjuran
Pada umumnya persalinan terjadi bila sudah besar untuk hidup di luar, tetapi sedemikian besarnya sehingga menimbulkan kesulitan dalam persalinan, kadang-kadang persalinan tidak di mulai dengan sendirinya tetapi baru berlangsung setelah pemecahan ketuban, pemberian pitocin atau prostaglandin.
2.3            Persiapan persalinan
Pada trisemester akhir menjelang kelahiran sang bayi, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Terutama barang – barang keperluan ibu dan sang bayi yang nantinya akan dibawa ke rumah sakit.
  • Membuat rencana persalinan, meliputi :
    •  Tempat persalinan
3
  •  Bagaimana cara menghubungi tenaga kesehatan terlatih tersebut
  •  Bagaimana transportasi yang bisa digunakan untuk ke tempat persalinan tersebut
  •  Memilih tenaga kesehatan terlatih
  •  Siapa yang akan menemani persalinan
  • Berapa biaya yang dibutuhkan, dan bagaimana cara megumpulkannya
  •  Siapa yang kan menjaga keluarganya jika ibu melahirkan
  • Membuat rencana pembuatan keputusan jika gawat darurat pada saat pembuat keputusan utama tidak ada
  • Mempersiapkan transportasi jika terjadi gawat darurat
  1. Dimana ibu akan melahirkan
  2. Bagaimana cara menjangkaunya
  3. Kemana ibu mau dirujuk
  4. Bagaimana cara mendapatkan dana
  • Membuat rencana atau pola menabung
Tabungan ibu bersalin (tabulin )
  • Mempersiapkan barang-barang yang diperlukan untuk persalinan
Kain panjang 4 buah
Pembalut wanita
Handuk, waslap, alat mandi,
Pakaian terbuka depan, gurita ibu, bh
Pakaian bayi lengkap, minyak telon
Tas plastik/  kresek
  • Hindari kepanikan dan ketakutan
Siapkan diri ibu, ingat bahwa setelah semua ini ibu akan mendapatkan buah hati yang didambakan.
Simpan tenaga anda untuk melahirkan, tenaga anda akan terkuras jika berteriak- teriak dan bersikap gelisah
Dengan bersikap tenang, ibu dapat melalui saat persalinan dengan baik dan lebih siap
4
      Dukungan dari orang – orang terdekat, perhatian dan kasih sayang tentu akan membantu memberikan semangat untuk ibu yang akan melahirkan.
Persalinan ditentukan oleh 3 faktor “P” utama
  • Power
His (kontraksi ritmis otot polos uterus), kekuatan mengejan ibu, keadaan kardiovaskular respirasi metabolic ibu.
  • Passage
Keadaan jalan lahir
  • Passanger
Keadaan janin ( letak, presentasi, ukuran/berat janin, ada/tidak kelainan anatomic mayor).
2.4            Tanda – Tanda Melahirkan
Gejala paling sering menjelang persalinan adalah rasa mulas. Perut terasa seperti kram, mirip saat menstruasi. Ada juga yang merasa mual, kembung, dan nyeri punggung. Bahkan ada yang diare atau pusing.Menjelang persalinan, sistem pencernaan Ibu akan melambat. Lebih baik Ibu makan makanan ringan saja seperti sup, sereal, atau roti dan banyak minum air putih.
Tanda tanda lainya seperti :
Terasa nyeri di selangkangan.
Anda akan merasakan nyeri di bagian selangkangan karena ada tekanan sebagai akibat posisi kepala janin sudah turun ke bawah, ke daerah rangka tulang pelvis. Lantaran janin menekan kandung kemih, ibu hamil menjadi sering buang air kecil. Anda juga merasakan sakit pada perut, mulas, sering buang air besar, dan buang angin.
Sakit pada panggul dan tulang belakang.
Anda akan merasakan sakit berlebihan pada panggul dan bagian tulang belakang.
5
Rasa sakit ini disebabkan oleh pergeseran dan pergerakan janin yang mulai menekan tulang belakang
Flek
Saat otot rahim mengerut, ukuran rahim akan mengecil, sehingga kepala janin  terdorong ke arah jalan lahir. Bersamaan dengan itu, mulut rahim sedikit demi sedikit mulai membuka.pada awal pembukaan mulut rahim, sumbat lendir itu terbuka dan lendir yang berwarna merah muda keluar melalui vagina. Kita biasa menyebutnya flek.
      Ketuban Pecah
Pecah ketuban juga tanda umum menjelang persalinan. Ini lumayan bikin panik. Apalagi kalau keluarnya seperti semburan yang sulit ditahan.Air ketuban adalah cairan amniotik yang mengelilingi bayi selama kehamilan. Ketika saat melahirkan tiba, kantung ketuban pecah dan airnya keluar melalui vagina.Kalau ketuban pecah, hati-hati terhadap bahaya infeksi. Jaga kebersihan area vagina dan hubungi dokter untuk memastikan apa sudah saatnya Ibu melahirkan.
Kontraksi
Walau tidak nyaman, kontraksi adalah panduan untuk mengetahui kapan bayi Ibu akan lahir.Normalnya, di minggu ke 38-40 kehamilan, kepala janin sudah mulai turun ke rongga panggul. Bersamaan dengan itu, otot-otot rahim pun mulai melakukan gerakan mengerut dan meregang secara bergantian, terus-menerus secara teratur.Menjelang persalinan, kontraksi makin kuat dan frekuensinya makin sering. Biasanya kondisi ini secara alami merangsang Ibu  mengejan untuk mendorong bayi keluar.
      Jalan lahir membuka
Sejak terjadinya kehamilan, secara alami mulut rahim tertutup oleh semacam sumbat berupa lendir kental. Sumbat lendir ini bertugas menjaga agar kehamilan bisa terus berjalan sekaligus melindungi janin dari kuman.
6
Mulut rahim yang semula hanya membuka sedikit, seiring dengan datangnya kontraksi yang semakin kuat, akan terus melunak dan terbuka semakin lebar. Lama kelamaan, mulut rahim akan terlihat semakin datar dan menyatu dengan rahim bagian bawah.Pembukaan mulut rahim biasanya dihitung dengan satuan sentimeter (cm). bila dokter mengatakan mulut rahim anda sudah pembukaan 8 artinya jalan lahir sudah membuka sepanjang 8 cm.
Lamanya tahap pembukaan jalan lahir dari awal hingga sempurna, bervariasi pada setiap kehamilan. Bila mulut rahim sudah membuka sempurna, artinya anda sudah melewati tahap pertama dari proses persalinan, dan siap menuju tahap kedua yaitu kelahiran bayi.
Siap Lahir
Pada tahap ini, kepala janin yang memang sudah tepat berada di mulut rahim akan terus mendesak. Bersamaan dengan itu, secara alamiah, rahim dan vagina akan membuka semacam cekungan yang menjadi jalur untuk dilewati bayi. Saat ini, anda akan merasakan tekanan yang sangat kuat di daerah perineum (daerah antara vagina dan anus).
Saat kepala janin sudah di ambang pintu dan siap keluar, lendir dan darah yang keluar dari vagina semakin bertambah. Selain itu, desakan kuat kepala janin akan menyebabkan kantong ketuban pembungkus janin pecah lebih awal atau saat pembukaan lengkap sehingga cairan ketuban keluar membasahi vagina . cairan ini sekaligus membuat jalan lahir semakin  licin yang justru memudahkan bayi meluncur keluar dengan mulus. Setelah pembukaan benar – benar lengkap dan kepala bayi sudah terlihat di pintu lahir, saat inilah anda diijinkan mengejan.
Sebab terjadinya Proses Persalinan
  • Penurunan fungsi plasenta : kadar progesterone dan estrogen menurun mendadak, nutrisi janin dari plasenta berkurang.
  • Tekanan pada ganglion servikale dari frankenhauser, menjadi stimulasi (pacemaker) bagi kontraksi otot polos uterus
7
  • Iskemia otot-otot uterus karena pengaruh hormonal dan beban, semakin merangsang terjadinya kontraksi
  • Peningkatan beban/stress pada maternal maupun fetal dan peningkatan estrogen mengakibatkan peningkatan aktivitas kortison, prostaglandin, oksitosin, menjadi pencetus rangsangan untuk proses persalinan.
Faktor yang memegang peranan penting sehingga menyebabkan persalinan.
Beberapa teori yang dikemukakan adalah :
  • Penurunan kadar estrogen dan progesteron
Gesteron menimbulkan relaksasi otot-otot rahim, sebaliknya hormon estrogen meninggikan kerentanan otot-otot rahim.selama kehamilan terdapat keseimbangan antara kadar progesteron dan estrogen di dalam darah, tetapi pada akhir kehamilan kadar progesteron menurun sehingga timbul his.
  • Teori oksitosin
Hormon oksitosin mempengaruhi kontraksi otot-otot rahim. Pada akhir kehamilan, kadar oksitosin bertambah, sehingga uterus menjadi lebih sering berkontraksi.
  • Teori distansia rahim
Seperti halnya dengan kandung kencing dan lambung, bila dindingnya teregang oleh karena isinya bertambah maka timbul kontraksi untuk mengeluarkan isinya.demikian dengan rahim, maka dengan majunya kehamilan makin teregang otot-otot dan otot-otot rahim makin rentan.
  •  Pengaruh janin
Hipofyse dan kelenjar suprarenal janin memegang peranan oleh karena pada anencephalus kehamilan sering lebih lama dari biasa.
  • Teori prostaglandin
Prostaglandin yang dihasilkan oleh desidua, menjadi salah satu penyebab permulaan persalinan.
8
  • Teori plasenta menjadi tua
Menurut teori ini, plasenta menjadi tua akan menyebabkan turunnya kadar estrogen dan progesteron yang menyebabkan kekejangan pembuluh darah, hal ini akan menimbulkan kontraksi rahim.
  • Teori iritasi mekanik
Di belakang serviks terdapat ganglion servikale (fleksus frankenhauser). Bila ganglion ini digeser dan ditekan, misalnya oleh kepala janin, maka akan timbul kontraksi.
2.5            Kala dalam persalinan
  1. 1.       Kala 1 (dari pembukaan 1 sampai lengkap).
Dimulai bila timbul his dan wanita mengeluarkan lendir yang bercampur darah (blood show) sampai dengan pembuakaan lengkap (10cm)
Proses ini terbagi menjadi 2 fase , yaitu :
  1. 1.      Fase laten
Berlangsung selama 8 jam , serviks membuka sampai 3 cm.
  • Dimulai sejak awal kontraksi yang menyebabkan penipisan dan pembukaan serviks secara bertahap.
  • Pembukaan serviks kurang dari 4 cm
  •  Biasanya berlangsung di bawah hingga 8 jam
  1. 2.      Fase aktif
  • Frekuensi dan lama kontraksi uterus umumnya meningkat (kontraksi dianggap adekuat/memadai jika terjadi tiga kali atau lebih dalam waktu 10 menit, dan berlangsung selama 40 detik atau lebih).
  • Serviks membuka dari 4 ke 10 cm, biasanya dengan kecepatan 1 cm atau  lebih per jam hingga penbukaan lengkap (10 cm)
9
  •  Terjadi penurunan bagian terbawah janin
  •  Berlangsung selama 6 jam dan dibagi atas 3 sub fase, yaitu :
  1. Fase akselerasi : dalam waktu 2 jam pembukaan dari 3 – 4 cm
  2. Fase dilatasi maksimal : dalam waktu 2 jam pembukaan berlangsung sangat cepat , dari 4 – 9 cm
  3. Fase deselerasi : pembukaan menjadi lambat lagi , dalam waktu 2 jam pembukaan dari 9 cm menjadi lengkap
Faktor yang mempengaruhi membukanya serviks :
  • Otot-otot serviks menarik pada pinggir ostium dan membesarkannya.
  • Waktu kontraksi, segmen bawah rahim dan serviks diregang oleh isi rahim terutama oleh air ketuban dan ini menyebabkan tarikan pada serviks.
  • Waktu kontraksi, bagian dari selaput yang terdapat di atas kanalis servikalis adalah yang disebut ketuban, menonjol ke dalam kanalis servikalis dan membukanya.
  1. 2.      Kala II (dari pembukaan lengkap sampai bayi lahir)
Kala II persalinan adalah masa pembukaan lengkap sampi dengan lahirnya bayi. Disebut juga kala pengeluaran atau keluarnya bayi dari uterus melalui vagina.
Perubahan yang terjadi pada kala II :
a)     Kontraksi uterus
  • Lebih kuat , amplitudo 40 – 60 mmhg
  • Lebih lama , 50 – 60 detik untuk satu his
  • Lebih sering , lebih dari 3x dalam 10 menit
b)     Fetus
Penyaluran O2 pada palsenta akan berkurang dapat menyebabkan :
  • Hipoksia
  • Djj menjadi tidak teratur
  • Kepala masuk rongga , dasar panggul tertekan sehingga timbul reflek
mengedan.
10
c)      Otot penyokong kala II
Karena ibu mengedan , maka otot pada dinding perut akan berkontraksi.
Mengedan optimal dilakukan dengan cara :
  • Paha ditarik dekat lutut
  • Badan fleksi dagu menyentuh dada
  • Gigi bertemu gigi
  • Tidak mengeluarkan suara.
d)     Dasar panggul dan organ panggul
  • Vagina jadi tambah luas
  • Otot – otot dasar panggul merenggang
  • Kandung kemih terdorong kearah pubis
  • Uretra terenggang
  • Rectum tertekan
Tanda dan gejala Kala II Persalinan :
  • Ibu merasakan ingin meneran bersamaan dengan terjadinya kontraksi
  • Ibu merasakan makin meningkatnya tekanan pada rektum dan atau vaginanya
  • Perineum terlihat menonjol
  • Vulva-vagina dan sfingter ani terlihat membuka
  • Peningkatan pengeluaran lendir dan darah
Diagnosis kala dua persalinan dapat ditegakkan atas dasar hasil pemeriksaan dalam yang menunjukkan :
  • Pembukaan serviks telah lengkap (10 cm)
  • Biasanya ketuban pecah sendiri; bila pembukaan lengkap tapi ketuban masih positif, maka dilakukan amniotomi
  • Terlihatnya bagian kepala bayi pada introitus vagina
  • UUK biasanya akan memutar ke depan; pada primigravida kala II berlangsung rata-rata 1,5 jam dan pada multipara rata-rata 0,5 jam
Cara melahirkan bayi :
  1.  Melahirkan kepala bayi
Pimpin ibu meneran saat kepala sudah tampak 5-6 cm depan vulva.
11
  • Letakkan satu tangan pada kepala bayi agar tidak terjadi defleksi maksimal.
  • Satu tangan lainnya menahan perineum agar tidak terjadi robekan.
  • Usap muka bayi dengan kasa / kain kering untuk membersihkan dari kotoran seperti darah, lendir dan air ketuban.
  • Periksa apakah ada lilitan tali pusat, jika ada lilitan dan tali pusat panjang maka longgarkan melewati kepala bayi, tapi jika tali pusat pendek, klem lalu potong.
  1.   Melahirkan bahu dan anggota badan seluruhnya
  • Biarkan kepala bayi mengadakan putaran paksi luar dengan sendirinya.
  • Tempatkan kedua tangan pada sisi kepala dan lehar bayi (secara biparietal).
  • Lakukan tarikan lembut ke bawah untuk melahirkan bahu depan,dan lakukan tarikan lembut ke atas untuk melahirkan bahu belakang.
  • Selipkan satu tangan ke bahu dan lengan bagian belakang bayi sambil menyangga kepala dan selipkan satu tangan lain ke punggung bayi untuk melahirkan bayi seluruhnya (dengan sanggah susur)
  • Letakkan bayi di atas perut ibu dan keringkan bayi.
  • Klem dan potong tali pusat di antara kedua klem.
  1. 3.       Kala III (dari bayi lahir hingga plasenta lahir).
Kala III berlangsung dari lahirnya bayi hingga lahirnya plasenta secara lengkap dari dinding uterus. Biasanya plasenta lepas dalam 6 – 15 menit setelah kelahiran bayi dan keluarnya spontan atau dengan tekanan pada fundus uteri. Peneluaran plasenta disertai dengan pengeluaran darah. Pengeluaran plasenta disertai dengan pengeluaran darah 100-200 cc.
Tanda-tanda pelepasan plasenta :
  1. Perubahan bentuk dan tinggi fundus.
Setelah bayi lahir, dan sebelum miometrium berkontraksi, uterus berbentuk bulat penuh dan tinggi fundus biasanya turun hingga di bawah pusat.
  1. Tali pusat memanjang (tanda Ahfeld)
  2. Semburan darah tiba-tiba
12
Semburan darah yang tiba-tiba ini menandakan bahwa darah yang terkumpul di antara tempat melekatnya plasenta dan permukaan maternal plasenta ( darah retroplasenter), keluar melalui tepi plasenta yang terlepas.
Tingkat pada Kelahiran Plasenta :
  1. Melepas Plasenta dari implantasinya pada dinding uterus
  2. Pengeluaran Plasenta dari dalam kavum uteri
  • Pelepasan dapat dimulai dari tengah (sentral, menurut Schultz)
  • Dari pinggir plasenta (marginal, menurut Mathew-Duncan)
  • Serempak dari tengah dan pinggir plasenta
  • Umumnya perdarahan tidak melebihi 400 ml, jika lebih termasuk kasus patologi.
Untuk mengetahui pelepasan plasenta dipakai beberapa prasat yaitu :
  • Perasat Kustner
Tangan kanan meregang atau menarik sedikit tali pusat. Tangan kiri menekan daerah simfisis , bila tali pusat inimasuk kembali kedalm vagina berarti palsenta belu lepas dari dinding uterus. Bila tali pusat tidak masuk kembali kedalam vagina , berarti plasenta telah lepas dari dinding uterus.
  • Persat Strassman
Tangan kanan meregangkan atau menarik sedikit tali pusat. Tangan kiri mengetuk fundus uteri.bila tersa getaran pada tali pusat , berarti tali pusat belum lepas dari tempat implantasi. Bila tidak terasa getaran, berarti tali pusat telah terlepas dari tempat implantasinya.
  • Persat Klein
Ibu disuruh mengedan , bila tali pusat tampak turun kebawah saat mengedan dihentikan maka plasenta telah lepas dari tempat implantasinya.
13
  • Perasat Crede
Dengan cara memijat uterus seperti memeras jeruk agar palsenta lepas dari dinding uterus. Perasat ini hanya digunakan dalam keadaan terpaksa.
  1. 4.       Kala IV (sampai dengan 2 jam plasenta lahir).
Adalah pemantauan melekat terhadap tanda – tanda vital dan jumlah perdarahan harus dilakukan pada 1 – 2 jam setelah plasenta lahir lengkap. Hal ini dimaksudkan agar keadaan ibu post partum dapat dipantau dan bahaya akibat perdarahan dapat dihindari.
Sebelum meninggalkan ibu post prtum, harus diperhatikan 7 yang penting, antara lain :
1)      Kontraksi uterus harus baik
2)      Tidak ada perdarahan baik dari vagina maupun dari alat genitalia lainnya
3)      Plasenta dan selaput ketuban harus sudah lahir lengkap
4)      Kandung kemih harus kosong
5)      Luka pada perineum telah terawat baik dan tidak ada hematoma
6)      Bayi dalam keadaan baik
7)      Ibu dalam keadaan baik , nadi dan TD normal tidak ada keluhan sakit kepala
Asuhan dan Pemantauan pada Kala IV
Setelah lahirnya Plasenta :
  1. Periksa kelengkapan plasenta dengan teliti apakah lengkap atau tidak untuk menghindari perdarahan.
  2. Periksa kontraksi rahim, bila kontraksi rahim tidak bagus dan konsistensi uterus lembek bisa mengakibatkan perdarahan.
  3. Evaluasi tinggi fundus dengan meletakkan jari tangan penolong secara melintang antara pusat dan fundus uteri. Fundus uteri harus sejajar dengan pusat atau lebih bawah.
  4. Perkirakan kehilangan darah secara keseluruhan.
14
  1. Periksa perineum dari perdarahan aktif. Periksa luka laserasi atau episiotomi, apakah terawat dengan baik dan tidak ada hematome.
  2. Evaluasi kondisi ibu secara umum. Pastikan Ibu dalam keadaan baik. Nadi dan Tekanan Darah normal, tidak ada pengaduan sakit kepala tau enek.
  3. Pastikan kondisi bayi dalam keadaan baik.
  4. Dokumentasikan semua asuhan dan temuan selama kala IV persalinan pada halaman partograf segera setelah asuhan diberikan atau setelah penilaian.
15
BAB III
PENUTUP

3.1       KESIMPULAN

Persalinan normal adalah persalinan yang terjadi pada kehamilan aterm (bukan premature atau postmatur),mempunyai onset yang spontan (tidak diinduksi), selesai setelah 4 jam dan sebelum 24 jam sejak saat awitannya, mempunyai janin tunggal dengan presentase puncak kepala, terlaksana tanpa bantuan artificial, tidak mencakup komplikasi, plasenta lahir normal.Persalinan normal disebut juga partus spontan, adalah proses lahirnya bayi pada letak  belakang kepala dengan tenaga ibu sendiri, tanpa bantuan alat-alat serta tidak melukai ibu dan bayi yang umumnya berlangsung kurang dari 24 jam.Bentuk-Bentuk Persalinan:Persalinan spontan, Persalinan Bantuan, Persalinan Anjuran
menjelang kelahiran sang bayi, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Terutama barang – barang keperluan ibu dan sang bayi yang nantinya akan dibawa ke rumah sakit.Tanda – Tanda MelahirkanGejala paling sering menjelang persalinan adalah rasa mulas. Perut terasa seperti kram, mirip saat menstruasi. Ada juga yang merasa mual, kembung, dan nyeri punggung. Bahkan ada yang diare atau pusing.Menjelang persalinan, sistem pencernaan Ibu akan melambat.Kala dalam persalinan : Kala 1 (dari pembukaan 1 sampai lengkap),Kala II (dari pembukaan lengkap sampai bayi lahir),Kala III (dari bayi lahir hingga plasenta lahir).

DAFTAR PUSTAKA

Lutan, Delfi. 1998. Sinopsis Obstetri. Jakarta – Buku Kedokteran EGC
Nolan, Mary. 2004. Kehamilan & Melahirkan. Jakarta – Arcan
Bagian Obstetri & Ginokelogi. 1983. Obstetri Fisiologi. Bandung – Eleman
Mochtar, Rustam. 1998. Sinopsis  Obesentri (jilid 1). Jakarta-Buku Kedokteran
Pujiastuti. 2009.Ibu hamil dan Bayi.Jogyakarta-Tugu Publiser
Anton, Baskoro. 2008. ASI Panduan Praktis Ibu Menyusui. Jogjakarta. Banyumedia
Indonesia. Departemen Kesehatan Direktorat. 2004. Pelatihan Asuhan Persalinan Normal. Jakarta. Departemen Kesehatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar